Rabu, 18 Maret 2009

Cara Mudah ditemukan Search Engine

Blog yang seperti kita pakai ini merupakan jenis website yang paling bersahabat dengan search engine (termasuk google dan sekutu-sekutunya :D ) Blog mempunyai beberapa fitur yang membantunya agar dapat dirujuk oleh search engine secara teratur. So, berbanggalah jika sekarang sudah memakai blog sebagai media partner anda :D Karena sekali search engine menemukan blog anda, baik yang didaftarkan secara manual, seperti misalnya http://www.google.com/addurl pada google. Maupun melalui “spider”. Sebuah blog akan mempunyai peluang lebih banyak dibandingkan website standar.

So, Bagaimana cara agar blog mudah ditemukan oleh search engine dan lebih di optimalkan lebih jauh?


Sebelum dilanjut, maaf yah kalau ada salah-salah kata atau arti, ataupun pada saat membaca terkesan mbulet-mbulet dan ndak karuan tata bahasanya, yah karena inilih saya. Saya tidak mungkin meniru gaya bahasa nan sistematis dan terkonsep ala mas cosaaranda atau pak sawali yang justru malah menyiksa saya dalam menulis. Maklumlah newbie jadi semua masih butuh proses bukan? Semoga anda tidak kecewa, mendapati tulisan-tulisan blog saya yang ndak karuan dan penuh paid repiew ini :D

Oke, berikut beberapa tips yang dapat meningkatkan peluang blog terujuk oleh search engine dan biar lebih optimal. Soal isi ada yang sebagian saya rujuk dari beberapa buku ngeblog, tapi sudah saya edit dan aransemen ulang biar lebih fresh ala Badoer.Com . :D

Pilih Platform Yang Pas dan Mudah Menurut Anda
Saya tidak mempermasalahkan anda memilih blogspot atau wordpress sebagai media partner anda dalam blogging. Sebisa mungkin pilihlah platform yang pas dan mudah menurut anda. Meski sepele tapi penting karena bagaimana anda mau mengoptimalkan blog, jika anda sendiri tidak merasa nyaman menggunakannya. Jangan sampai anda salah pilih dalam menentukan platform apa yang hendak dipakai, periksa fitur-fiturnya dan cari plus minusnya.

Struktur Permalink
Permalink atau permanen link merupakan fitur yang harus tersedia sebagai rujukan search engine untuk menuju ke halaman tunggal (postingan tunggal). Sebisa mungkin buatlah stuktur permalink yang mudah dideteksi oleh search engine.

Template Yang SEO Friendly
Template merupakan bagian yang sangat penting karena mencerminkan personalisasi dari sang pemilik. Desain dan tampilan luar yang mewah dan berharga mahal sekalipun Belum tentu bagus buat Search engine. So, carilah template yang SEO Friendly. Ndak usah yang berbayar, buat belajar cari aja yang free. Pemakaian gambar dan widget yang berlebihan juga tidak disarankan, karena selain bikin loading lambat, konon spider juga jadi malas berkunjung :D Jangan sering mengganti-ganti template, karena tiap template pasti mempunyai srtuktur yang berbeda. Bisa-bisa postingan atau blog yang sudah teroptimasi malah jadi hilang dan sulit dikenali karena penggantian tadi.

Buatlah Judul Yang Menarik
Hal ini sangat penting karena akan direproduksi menjadi url dan link teks pada struktur permalink. Sebaiknya judul posting tidak terlalu panjang, 3-5 kata saya rasa sudah lebih dari cukup. Buatlah judul posting yang menarik dan sesuaikan dengan isinya. Meski sepele tapi pada kenyataannya sangat efektif. Dan jangan berikan judul yang terlalu panjang pada blog, entah itu judul blog ataupun judul posting.

Sediakan Teks
Search engine sangat menyukai teks dan tulisan. Buatlah sebuah posting setidaknya memuat 200 kata. 200kata? berasa buat posting paid review aja hehe :D Kalau anda hanya memuat gambar pakailah deskripsi dengan pemakaian tag “alt”. Dan usahakan satu topik untuk satu posting saja jangan dicampur-campur.

Perhatikan paragraf Pertama Posting
Biasanya search engine akan merujuk pada paragraf pertama untuk menemukan kata kunci yang dicari. Jadi sebisa mungkin tempatkan keyword pada 50 kata awal. Bila perlu berikan penekanan pada kata kunci yang hendak di tembak dengan memberikan bold (huruf tebal).

Sindikasi Blog dengan format xml dan feed
Silahkan daftarkan blog anda pada layanan feed seperti feedburner. Dan install xml generator buat yang memakai WP. Karena tool ini akan membuat xml thread atau rss feed. Karena format inilah yang menjadi rujukan beberapa Search engine untuk mengenali postingan.

Fungsi Link Dalam Postingan
Beberpa waktu yang lalu saya sudah menuliskan fungsi link dalam postingan, termasuk agar dapat meningkatkan link popularity. Nah penulisan anchor teks ini sebaiknya dilebur dengan kata-kata yang relevan. Jadi kalau mengarahkan suatu link hindari menggunakan kata klik disini, ini, disitu, ini, itu dst.. Tirulah bagaimana cara advertiser paid review memberikan anchor teks.

Hindari Copi Paste
Siapapun pembaca blog anda, pasti akan lebih senang membaca postingan yang fresh ataupun tulisan asli dari si pemilik blog. Karena mungkin saja ada sebagian blogger yang sudah membaca postingan aslinya, Biarlah tulisan kita mbulet-mbulet dan ndak karuan kayak blog ini. Seperti yang sudah saya bilang diatas, Karena menulis pasti butuh proses bukan?
Selain tidak disukai pengunjung duplikasi konten juga ternyata tidak disukai search engine. Sebagai contoh anda pasti pernah mendapatkan pesan ini:

In order to show you the most relevant results, we have omitted some entries very similar to those already displayed. If you like, you can repeat the search with the omitted results included

Mungkin itu sedikit cara pengoptimalan SEO ala kadarnya, Maaf jika ada salah-salah karena saya ini bukan jagoan SEO. Semoga bisa membantu, sukses terus buat anda. Atau anda punya pendapat lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar